Kemajuan dunia sepeda motor



Seperti hal nya pada alat komunikasi, alat transportasi pun mengalami perkembangan yang cukup signifikan dalam segi teknologinya. Jika dahulu kita mengenal teknologi pada motor hanya sekedar pengapian platina dan busi, bercampur dengan bahan bakar dan aliran udara dari karburator, kini teknologi tersebut semakin beragam. Belum lagi dalam hal bagian-bagian kecil dalam sepeda motor.

Bagian pengereman contohnya, Jika dulu dalam sepeda motor hanya mengenal teknologi pengereman menggunakan sistem teromol, kini teknologi discbrake atau cakram sudah umum diaplikasikan. Belum lagi lampu, yang kini bahkan motor-motor murah pun telah mengadopsi gaya LED. Dalam hal ini, perkembangan teknologi-teknologi tersebut terbukti sangat bermanfaat bagi pengguna kendaraan bermotor.

Dari perkembangan teknologi tersebut juga tidak hanya berorientasi pada fungsi, namun juga dari segi estetika. Tentu ini dipermudah dengan proses mendisain yang telah didukung dengan full teknologi komputer. Itulah mengapa pada jaman dahulu bentuk antara satu varian sepeda motor dengan yang lainnya tidaklah terlalu variatif dan memiliki perbedaan yang signifikan.
Inovasi Teknologi Pada Sepeda Motor
Teknologi PGM-FI yang diaplikasi oleh sepeda motor Honda

Teknologi PGM-FI yang diaplikasi oleh sepeda motor Honda

Inovasi pada teknologi sepeda motor semakin terlihat perkembangannya dari tahun ke tahun. Pada awalnya memang terlihat pengenalan teknologi-teknologi baru pada sepeda motor ini tidak terlalu menarik antusias masyarakat. Namun seiring dengan pembenahan dan pengembangan yang dilakukan para produsen otomotif, kini hampir seluruh motor telah meninggalkan sistem pengapian motor secara tradisional menjadi lebih modern.

Apa saja inovasi yang telah dilakukan dalam perkembangan teknologi sepeda motor hingga saat ini? Berikut daftarnya:

    Mesin 2 tak – Mesin 4 tak
    Kini semua produsen motor telah menerapkan teknologi mesin 4 langkah. Karena selain lebih irit dalam konsumsi bhan bakar, juga lebih ramah polusi.
    Kick Starter – Electric Starter
    Jaman sekarang memang masih ada beberapa motor yang menyertakan kick starter. Namun hampir tidak ada motor produksi baru yang tidak menyertakan electric starter.
    Transimsi Konvensional – Matic
    Kalau yang satu ini memang tidak serta merta transmisi matic menutup produksi motor bertransmisi konvensional (perpindahan gigi). Namun jika dilihat dari angka penjualannya, tampaknya penjualan motor matic kini telah merajai pasar motor di Indonesia.
    Karburator – Injeksi
    Yang satu ini adalah harga mati. Perubahan teknologi karburator ke sistem injeksi bertujuan untuk konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit dan juga kemudahan bagi teknisi dalam melakukan pengecekan/servis rutin karena telah menggunakan bantuan komputer.

Teknologi Baru di Indonesia Motorcycle Show
Teknologi Blue Core dari Yamaha yang diklaim irit bahan bakar hingga 50%

Teknologi Blue Core dari Yamaha yang diklaim irit bahan bakar hingga 50%

Indonesia Motorcycle Show, biasa juga disebut dengan IMOS, merupakan gelaran tahunan pameran sepeda motor yang cukup besar di Indonesia. IMOS yang digelar di Jakarta memang kerap menarik antusias para penggila roda dua di Indonesia. Oleh karena itu, acara ini kerap dijadikan ajang pamer keunggulan oleh tiap-tiap produsen sepeda motor.

Apa saja teknologi sepeda motor terbaru yang ditampilkan di IMOS tahun kemarin? Berikut daftar nya:

    Honda
    Sejauh ini Honda telah mengeluarkan beberapa teknologi pada varian sepeda motornya. Sebut saja Combi Brake System, Enhanced Smart Power, Throttle by Wire serta Internal Measurement Unit.
    Yamaha
    Yamaha sangat memberikan perhatian pada bagian mesin mereka. Blue Core, Variable Valve Actuation dan Yamaha Diagnostic Tools yang terintegrasi langsung secara online ke kantor pusat Yamaha Indonesia merupakan teknologi andalan mereka.
    Suzuki
    Dalam hal mesin Suzuki memang tidak melakukan banyak perubahan drastis. Hanya dalam teknologi keamanan, Suzuki telah mengadopsi teknologi Keyless dan Smart Key System pada beberapa varian produknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan dan kemajuan mesin jahit

Spertifikasi hp android

Spertifikasi hp oppo